Memulai tulisan ini dengan helaan napas.

Yak, sekarang saya udah semester 6. Di dua semester terakhir, kami mahasiswa jurusan penyiaran melakukan empat kali praktik gabungan. Emang sayang banget sih, gak bisa praktik di studio langsung gara-gara “cororo”. Tapi mau gimana lagi. Saatnya meyakini saja kalau ini yang terbaik dan mau gimana pun caranya, kami tetap belajar. Sebagaimana ada yang hilang, Insyaallah ada juga yang kami dapat.

Di praktik gabungan terakhir, kami melakukan produksi program talkshow televisi dengan durasi 30 menit. Saya ada di kelompok 3, dengan jumlah anggota delapan dari pemberitaan dan empat dari teknik. Sempat melewati bulan puasa, kelompok kami biasanya mulai rapat pukul sembilan kurang lima belas menit. Rata-rata rapat selesai menjelang pukul sebelas malam. Meskipun pernah, karena berlanjut ngobrol ngalor ngidul, kami bersisakan empat orang terakhir, malah baru mengakhiri “rapat” di jam menjelang sahur huehue. Makin deket hari on air, kami makin intens melakukan running. Dan ya, ada saja cerita menjelang on air ini. Tiba-tiba TD kami sempat demam karena baru aja dapet vaksin, lalu disusul satu temen teknik yang juga drop H-1 menjelang rehearsal. Tapi di luar itu, kami berhasil melakukan on air dengan lancar jaya raya sentosa. Hueh, you know, perasaan lega, seneng, dan serunya langsung berasa tepat setelah on air. Bahkan dua hari setelah on air-pun, pikiran saya masih dalam euforia itu wkwk. Seru banget.

Sekarang, 1 Juni 2021, tanggal merah karena Hari Kesaktian Pancasila. Gabut banget. Emang selesai praktik, langsung berasa banget gabutnya. Dari yang awalnya jadwal lumayan padet, tiba-tiba pas selesai gak ada agenda lagi yang dikebut untuk diselesaikan. Tinggal nunggu UAS dan sidang LPJ aja.

Nah, di liburan semester ini adalah waktu bagi kami mahasiswa semester 6 untuk magang. Beberapa temen udah dapet tempat magang. Dan saya baru coba apply di satu tempat… belum mendapat jawaban. Heuh. Berharap bisa cepet-cepet dapet tempat magang yang seru:’)

Selamat bertemu di semester 7 nanti, selepas magang. Semoga simulasinya seru, on site, dan bisa belajar banyak.

Udah tinggal setahun aja di kampus biru.

Mengakhiri tulisan ini juga dengan helaan napas. Haaaa…